[Review] Hunter x Hunter (2011)


Oke, ini review anime pertama saya, iseng-iseng berawal mempunyai hobi nonton anime berlanjut coba menuangkan opini saya selama nonton beberapa anime, dan salah satunya anime Hunter x Hunter (2011).

Sebenarnya saya sedikit bingung dengan kurangnya popularitas Hunter x Hunter (2011), padahal menurut saya serial anime ini melakukan segala hal dengan baik.
Yap.... memang HxH terbilang kalah populer dibanding anime-anime lainnya seperti halnya NarutoSword Art Online atau Attack on Titan. Karena itulah memutuskan untuk menulis review ini. Jika acara yang bagus ini masih terbang di bawah radar kamu atau jika masih berkecil hati untuk menonton anime ini, coba yuk baca review ini.

PERHATIAN: Review ini berisi spoiler tertulis secara sengaja maupun tidak sengaja. 
Jadi hati-hati jika tidak mau terkena spoiler.

HxH bercerita tentang seorang anak muda bernama Gon yang bertekad untuk menemukan seseorang yaitu, ayahnya. Setelah mengetahui bahwa ayahnya meninggalkan dia di usia muda untuk menjadi Hunter, Gon memutuskan untuk mengikuti jejaknya tidak hanya untuk menemukan dia, tetapi juga untuk melihat apa yang begitu istimewa tentang profesi yang membuat ayahnya memilih profesinya tersebut daripada membesarkan dan merawat dirinya. Meskipun kisah mencari seorang ayah adalah sesuatu yang sederhana, itu hanyalah sebuah tujuan utama dari seri ini, karena HxH terdiri dari beberapa Arc/alur. Hunter x Hunter (2011) menawarkan salah satu kualitas kisah terbaik dari Shonen pada umumnya seperti kedalaman alur cerita, penokohan yang memikat, dialog yang kuat dan mengesankan. Dunia, bahkan sebuah bangunan semuanya dibuat menjadi sebuah kisah yang menarik dan mudah dicerna.

Jumlah variasi yang dikemas dalam cerita HxH ini juga mengesankan. HxH berhasil mengikat beberapa genre dalam enam Arc ; Survival/bertahan hidup, Turnamen, Thriller, Drama, Virtual reality, dan Politik. Tidak hanya itu, anime ini juga dapat mengalami pergeseran total yang signifikan dengan mudah (terang ke gelap atau sebaliknya). Kadang-kadang, pergeseran ini dalam terjadi setelah Arc berakhir, bahkan bisa terjadi di pertengahan Arc. Hal lain tentang HxH adalah Arc yang terhubung dengan satu sama lain, dengan masing-masing Arc (tumpang-tindih). Hal ini menciptakan transisi yang menyoroti kalau anime ini benar-benar adalah sebuah anime petualangan.

Seri ini melakukan pekerjaan yang fantastis untuk menjaga kenikmatan bagi penontonnya. Dengan tidak adanya filler atau kisah flashback berlebihan. Walaupun ada, hanya dua episode rekap. Karena itulah perkembangan cerita jadi solid dengan plot bergerak maju pada setiap episodenya.

Meskipun HxH terlihat seperti "kekanak-kanakan" hanya karena Gon dan Killua memang masih sangat muda, ingat! jangan lihat sesuatu dari sampulnya. HxH memberikan sesuatu getaran Shonen yang klasik dan menawan. Meskipun pada akhirya sebagian cerita HxH mengambil unsur tema "gelap" Seperti Arc Yorknew dan Chimera Ant adalah dua yang terbaik dan paling gelap dari Arc Shonen yang biasa ditawarkan. Arc Yorknew dapat digambarkan sebagai genre thriller gelap di kota besar. Tema utama dari Arc ini adalah balas dendam dan sedikit mirip dengan Death Note dalam hal sensasi dan suasana. Di sisi lain, Arc Chimera Ant dapat digambarkan sebagai upaya oleh Asosiasi Hunter untuk mengontrol wabah spesies pemakan manusia berbahaya. Ini adalah Arc tergelap dan paling tematis kuat dalam seri ini, tema seperti bertahan hidup mirip dengan anime Attack on Titan, di mana protagonis mengalami rasa putus asa dalam menghadapi lawan yang jauh lebih kuat, spesies bermusuhan. Seri mengalami pergeseran total di kedua Arc ini dengan suasana dan jumlah kekerasan berubah secara signifikan.

Pertarungan HxH kebanyakan melibatkan banyak strategi. Kekuatan utama disebut 'Nen', tentunya dengan pengalaman dan strategi yang semua harus diperhitungkan. Karakter utama tidak diberikan perlakuan khusus dalam pertarungan, 'kalo kalah ya kalah, menang ya menang'. Di anime HxH, setiap pertarungan tidak memakan banyak waktu/banyak episode.


Dalam hal pelatihan yang biasanya dijalani untuk bisa menjadi lebih kuat, tidaklah selalu membuahkan hasil kemenangan, juga tidak mendorong karakter utama menjadi se-level yang sama dengan musuh utama mereka dalam hal kekuatan, meskipun mereka memiliki potensi yang luar biasa.

Apa yang membuat seri berbeda dari anime pertempuran lainnya adalah; jika melawan musuh yang lebih kuat tidaklah harus dilawan dengan karakter utama dan juga sebuah masalah tidak harus diselesaikan dengan pertarungan/perkelahian.
Karakter utama bukan fokus utama dari setiap Arc. Pada titik tertentu dalam seri, bahkan bisa dikatakan bahwa Gon jadi peran pendukung, terutama selama bagian akhir dari Arc Chimera Ant. 

Karakter:

HxH memiliki karakter unik. Mereka memiliki kebiasaan, impian, pandangan dunia dan kepribadian secara keseluruhan. Para villains/penjahat memiliki karakterisasi yang independen, mereka juga berbeda satu sama lain. Keunikan ini tidak hanya berlaku dalam seri HxH juga tapi di luar anime HxH juga. Kamu tidak akan menemukan karakter villain seperti Hisoka, Chrollo atau Meruem di anime lain. Inilah yang membuat karakter di HxH begitu menarik, selain memiliki penokohan benar-benar mengesankan.

Segi Animasi:
HxH 2011 juga memiliki art dan animasi yang bagus. Cukup mengherankan, anime yang memiliki banyak episode seperti HxH memberikan episode animasi dan kuaitas yang konsisten, terutama saat pertarungan. Studio animasi melakukan pekerjaan yang baik yang menambah pesona seri dengan melengkapi arti petualangan, suasana semangat dan daya tarik yang unik sebagai Shonen yang terlihat sederhana namun sebenarnya sangat mendalam.

MUSIK/BGM:
Nah, ini terutama pada bagian opening.  Di opening pertama lagu tidak ada masalah 'enak di dengar'. Namun, untuk yang opening ke-2 sampai terakhir ini saya tidak tahu kenapa selama 148 episode enggak ganti-ganti. Walaupun memang openingnya memiliki beberapa versi. Sedangkan pada bagian soundtrack tidak jauh berbeda dengan anime lain pada umumnya, seperti saat suasana santai, sedih, pertarungan dll, itu disesuaikan dengan alunan musiknya dan menurut saya juga bagus.

Kesimpulan:
Hunter x Hunter (2011) adalah anime cerdas dengan cerita yang fantastis, karakter bagus dan pertarungan yang melibatkan banyak strategi. Ini adalah anime yang di setiap episode segala sesuatunya berevolusi: Cerita, seting, Karakter. Seri Shonen yang menawarkan sebidang progresi tak terduga yang membuatnya benar-benar seru.




0 Response to "[Review] Hunter x Hunter (2011)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel