[Review] Monster


Saat pertama kali mendengar kata 'Monster', mungkin yang terlintas dalam pikiran adalah makhluk kuat, besar dan menakutkan. Itu juga yang terjadi pada saya ketika melihat judul pada seri ini, dan ternyata pemikiran itu dibantah setelah menontonnya.

Monster adalah anime dengan predikat Psychological dengan kedalaman cerita yang dramatis, plot yang menyatukan elemen berbeda untuk menciptakan sebuah cerita realistis dengan ketegangan yang luar biasa horor. Itu adalah alasan mengapa seri ini sangat menarik untuk ditonton.


Ceritanya sendiri berlatar di Jerman, seri ini dimulai dengan sangat pelan. Kenzo Tenma adalah seorang dokter bedah jenius yang bekerja di pasca Perang Dingin Jerman, dan dia memiliki masa depan cerah karena kejeniusannya. Suatu hari dia harus melewati keputusan berat untuk menghadapi moralnya tentang nilai arti dari kehidupan manusia, dan memutuskan untuk menyelamatkan seorang anak yang mengalami pendarahan dikepalanya, dia percaya bahwa keputusannya itu adalah tepat sebagai seorang dokter. Namun, jalannya tidak sesuai dengan pilihannya tersebut, dan ternyata hanya membuahkan rantai peristiwa yang begitu mengerikan. Hal tersebut menghancurkan masa depannya yang cerah, dan membawa dia ke dunia yang sama sekali berbeda dari harapannya serta membawanya kejurang putus asa. Hal inilah awal pememicu kisah luar biasa dari anime Monster.

Cerita terfokus pada Johan yang mengikat kehidupan Dr. Tenma karena setiap tragedi yang dibuat olehnya. Karena kejadian tersebut Dr. Tenma menjadi tertuju untuk mengungkap masa lalu Johan yang berhasil mengubah hari-harinya menjadi kelam. Plotnya sendiri berjalan dengan stabil, setiap episodenya memberikan rasa penasaran yang baru dan menarik, bahkan tidak satu menit masih terbuang, sehingga membuat saya terpaku di depan layar monitor untuk mengikuti bagaimana akhir dari kisah Dr. tenma untuk memburu Johan.


Setiap episode memperkenalkan sesuatu yang berbeda dan baru untuk membangun plot dengan setiap karakternya. Bahkan setiap karakter yang hanya muncul untuk beberapa episode saja cukup membuat seri ini benar-benar menarik. Para karakter juga mempunyai sisi dan pandangan yang berbeda dan tentu akan jarang dilihat di anime lainnya. Dan masing-masing karakter juga memberikan peran dan kontribusi dalam perkembangan ceritanya.


Sosok berkharisma dan tenang dari Johan Liebert semakin menambah lekatnya aura pembunuh berdarah dingin pada dirinya, mengelabui dan mempermainkan nyawa korban untuk ambisinya adalah sesuatu yang unik namun juga sadis. Peran jahat yang dilakoni Johan juga sangatlah cerdik, trik, strategi, dan manipulasi adalah cara yang biasa ia digunakan kepada korbannya. Bahkan hanya dengan setiap ucapan dia bisa menghabisi nyawa seseorang tanpa mengotori kedua tangannya. Namun, hal tersebut bukan tanpa alasan, biasanya dia melakukan hal tersebut untuk menjaga rahasia ataupun keberadaan dirinya.

Art / Animasi:


Untuk segi visual bisa dikatakan cukup baik, latar belakang, kota-kota dan pemandangan umumnya tampak sangat baik. Wajah-wajah yang khas dengan mata kecil berwarna-warni, dan hidung besar, mungkin salah satu perbedaan yang menonjol pada seri ini. Dalam adegan terkadang melibatkan tindakan cepat, ledakan dan sejenisnya, namun sebagian besar waktu diisi oleh interaksi, perbincangan oleh para karakter. Seni dan animasi secara konsisten dilakukan dengan baik di seluruh episode.


Musik & Suara: 


Opening: Hanya lantunan musik tanpa diisi oleh suara penyanyi, berbalut dengan nuansa misteri pada latarnya.

Ending: Menurut saya biasa-biasa saja untuk didengarkan, tetapi sesuai dengan animenya, lirik mewakili tema besar dan alur cerita dari Monster. Background musik pastinya sangat mempengaruhi kedalaman cerita ini yang juga disesuaikan pada setiap adegan-adegan namun juga tidak terlalu berlebihan.

Kesimpulan:


Saya tidak berpikir jika Monster adalah seri untuk semua orang, tetapi bagi yang ingin mencobanya, cobalah untuk tetap menontonnya walaupun dengan alur yang berjalan lambat, tapi dapat dipastikan bahwa anime ini tidak berlebihan. Ini adalah seri realistis dengan plot yang sangat baik, dilengkapi dengan seni dan soundtrack yang unik.





0 Response to "[Review] Monster"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel